Thursday 2 January 2014

10 Tokusatsu Terbaik Sepanjang Masa

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


Pada Artikel kali ini saya akan membahas 10 Tokusatsu Terbaik Sepanjang Masa.


Tokusatsu adalah istilah dalam bahasa Jepang untuk Efek Khusus/Visual dan seringkali digunakan untuk menyebut film/serial produksi Jepang. Seperti yang sudah kita ketahui , Tokusatsu sudah banyak melahirkan Genre-Genre yang populer. Dan pada Artikel kali ini , saya ingin menyimpulkan 10 Tokusatsu Terbaik Sepanjang Masa:

10. Himitsu Sentai Goranger


Himitsu Sentai Goranger adalah serial pertama dari seluruh rangkaian Super Sentai. Dibuat oleh Shotaro Ishinomori pada tahun 1975. Serial ini menceritakan tentang tim utusan Liga Penjaga Bumi "EAGLE", untuk memerangi ancaman "Kuro Jujigun". Terdiri dari 5 orang anggota. Tsuyoshi Kaijou (Merah), Akira Shinmei (Biru), Daita Ooiwa (Kuning, sebelum digantikan Daigorou Kumano), Peggy Matsuyama (Pink), dan Kenji Asuka (Hijau). Mereka pun berjuang untuk melawan musuh-musuh yang mengancam keselamatan bumi. Serial ini masih termasuk Sentai karena belum menggunakan Robot Raksasa. Dan Super Sentai yang pertama adalah Battle Fever J (1979). Namun untuk menghormatinya, pada tahun 1995 diumumkan bahwa Goranger dimasukkan sebagai serial Super Sentai pertama, dan JAKQ dimasukkan sebagai serial Super Sentai kedua, serta Battle Fever J yang ketiga.
Baca Juga
9. Kaizoku Sentai Gokaiger


Mungkin agak bingung, kenapa Gokaiger masuk dalam daftar. Padahal serialnya baru tamat beberapa tahun yang lalu. Kaizoku Sentai Gokaiger adalah serial ke-35 dari serangkaian serial Super Sentai. Mengisahkan tentang Sekelompok bajak laut muda yang datang dari luar angkasa ke bumi untuk mendapatkan Uchū Saidai no Takara. Namun, mereka akhirnya menghadapi Kekaisaran Angkasa Zangyack. Akibatnya, karena sejarah mereka dengan kekaisaran, bajak laut angkasa menggunakan kekuatan tim yang lebih tua untuk melawan kekuatan Zangyack sebagai Gokaiger. Terdiri dari 6 orang anggota. Captain Marvelous (Merah), Joe Gibken (Biru), Luka Millfy (Kuning), Don Dogoier (Hijau), Ahim de Famille (Pink), dan Gai Ikari (Perak). Gaya bertarung ala Perompak dan bisa berubah menjadi Ranger terdahulu mungkin adalah alasan Gokaiger sebagai Super Sentai Terpopuler.

8. Uchu Keiji Gavan


Uchu Keiji Gavan adalah serial pertama dari trilogi Uchu Keiji sekaligus yang pertama secara keseluruhan dalam genre Metal Hero. Serial ini bercerita tentang Space Sheriff dari Bird Planet yang diminta untuk melindungi bumi dari serangan Kekaisaran Makuu yang dipimpin oleh Don Horror. Agar tidak dikenali, ia menyamar sebagai Retsu Ichijouji. Kepopuleran serial ini juga merambah ke Indonesia. Disebut Space Cop Gabin di wilayah Asia Tenggara. Membuat serial ini menjadi serial Metal Hero terpopuler sepanjang masa. Untuk menghormatinya, dibuatlah Gavan Type-G pada tahun 2012 yang merupakan bawahan dari Retsu Ichijouji yang bernama Geki Jumonji.
Baca juga
7. Kamen Rider Black


Kamen Rider Black adalah serial Kamen Rider yang ke-8 dari serangkaian serial Kamen Rider. Dipanggil Ksatria Baja Hitam di Indonesia, serial ini adalah serial Tokusatsu paling populer dan bersejarah di Indonesia. Menceritakan tentang Kotaro Minami dan Nobuhiko Akizuki yang merupakan dua pemuda yang lahir pada saat yang sama. Tiga tahun kemudian, kedua orang tua Kotaro dibunuh oleh pengikut Organisasi jahat Gorgom. Karenanya keluarga Akizuki pun mengadopsi Kotaro layaknya adik dari Nobuhiko. Pada saat mereka merayakan ulang tahun yang ke-19, Kotaro dan Nobuhiko diculik oleh Gorgom, dan mengubah mereka menjadi Cyborg. Harapan Gorgom, mereka berdua akan dijadikan Cyborg dengan nama Black Sun untuk Kotaro dan Shadow Moon untuk Nobuhiko. Sayangnya pada saat proses pengubahan menjadi Cyborg, Kotaro berhasil meloloskan diri dan mempunyai sedikit kekuatan Cyborg yang membuatnya bisa menjadi Kamen Rider Black. Namun, Nobuhiko yang gagal meloloskan diri akhirnya menjadi Shadow Moon. Petualangan Kotaro untuk menyelamatkan dunia pun akhirnya dimulai. Dan sekuel berlanjut di Kamen Rider Black RX.



6. Ultra Seven

Ultraseven awsome

Ultra Seven seri ketiga dari serial Ultra dan seri kedua yang menampilkan Ultraman. Saat Bumi diancam oleh makhluk asing raksasa, Agen 340 dari Nebula M-78, yang ditugaskan ke Galaksi Bima Sakti, memutuskan untuk menetap di Bumi dan bertujuan untuk melindunginya. Agen 340 menyamar sebagai manusia bernama Dan Moroboshi, lalu mengikuti Angkatan Pertahanan Bumi untuk menyertai cabang elitnya, yaitu Ultra Garrison. Sebagai anggota keenam Angkatan Pertahanan Bumi yang bisa memerangi ancaman dari luar angkasa, serta saat 5 anggota yang lain tidak sadar bahwa saat situasi semakin terdesak, Dan secara rahasianya memakai kacamata Ultranya, lalu menjadi bentuk asalnya sebagai Agen 340, dan dijuluki sebagai Prajurit ketujuh pasukan Ultra Garrison, yaitu Ultra Seven. Ultra Seven sendiri adalah karakter Ultraman paling populer di Jepang.


5. Gamera


Gamera adalah Kaiju berbentuk Kura-Kura Raksasa yang popularitasnya menyaingi Godzilla saat era Kaijuu Booming. Diceritakan dikawasan Amerika Utara yang dingin , seorang pembom Soviet ditembak jatuh oleh jet tempur Amerika . Crash bomber dan muatannya pun meledak. Bencana yang dihasilkan bangkitnya raksasa prasejarah yang disebut Gamera. Sama seperti Kaijuu pada umumnya, Gamera juga melakukan aksi penghancuran kota hingga mengakibatkan korban tewas dan kerusakan infrastruktur yang tak bisa dihitung jumlahnya.

4. Godzilla



Godzilla adalah tonggak lahirnya karakter-karakter kaiju yang lain, seperti Gamera, Mothra, dan lain-lain. Film ini bisa dibilang sangat fantastis, dan bersejarah. Kisah Godzilla bermula saat kapal “Eiko Maru” yang sedang berlayar di sekitar pulau Odo diserang oleh sebuah kilatan cahaya dan tenggelam. Sejak saat itu, seluruh penduduk Jepang, mulai dari ilmuwan, tentara, bahkan rakyat sipil pun berusaha menguak keberadaan kilatan cahaya misterius yang ternyata berasal dari Godzilla. Godzilla adalah makhluk sebangsa kadal yang menjadi buas akibat pengaruh dari radiasi nuklir. Dia juga melakukan aksi penghancuran kota hingga mengakibatkan korban tewas dan kerusakan infrastruktur yang tak bisa dihitung jumlahnya. Dalam film pertamanya, Godzilla berhasil meraih angka penjualan tiket sebanyak 9.160.000 buah dan meraup keuntungan sebesar 152 juta Yen. Kesuksesan Godzilla itulah yang membuatnya memiliki banyak sekuel. Masyarakat barat menganggap makhluk raksasa fiksi ini sama hebatnya dengan King Kong, makhluk raksasa yang sebelumnya telah mereka kenal.

3. Kamen Rider


Kamen Rider adalah serial pertama dari genre Kamen Rider. Mengisahkan tentang Takeshi Hongo yang diculik oleh organisasi misterius bernama Shocker untuk diubah menjadi Cyborg agar bisa menguasai Dunia. Namun sebelum mereka berhasil mencuci otak Hongo ada sedikit kekacauan yang membuat para Shocker panik sehingga Hongo dapat melarikan diri. Hongo menyadari bahwa ia bukan lagi manusia, melainkan Cyborg berbentuk serangga yang dinamakan Kamen Rider. Salah seorang korban lainnya dari proses pengubahan manusia menjadi Cyborg adalah Hayato Ichimonji yang menjadi Kamen Rider 2 setelah Kamen Rider 1 menyelamatkannya dari pencucian otak oleh Shocker. Dengan kekuatan mereka, dua karakter Kamen Rider ini bertarung dalam misi-misi tunggal dan berdua melawan Shocker dan organisasi penerusnya, Gel-Shocker. Aksi mereka sebagai Pengendara Bertopeng dan seni Bela Diri mereka yang khas itulah yang menjadikan Kamen Rider sebagai karya fiksi buatan Shotaro Ishinomori yang paling populer sepanjang masa.

2. Ultraman





Ultraman adalah seri kedua dari serial Ultra sekaligus yang pertama di serial Ultraman. Menceritakan tentang seorang prajurit Cahaya bernama Ultraman dari planet Nebula M78 yang diutus ke Bumi untuk mengejar Monster Bemular. Namun, Ultraman bertabrakan dengan sebuah kapal tempur dari Patroli Luar Angkasa bernama SSIT yang berasal dari bumi. Pilotnya yang bernama Shin Hayata hampir terbunuh dalam kejadian itu. Merasa bersalah, di saat kritis itulah Ultraman memutuskan untuk membagi energinya dengan Hayata agar Hayata tetap hidup. Ultraman pun menjadi satu dengan Hayata sehingga Ultraman harus menetap di bumi sekaligus melawan Monster & Alien yang mengancam Bumi. Hayata berubah menjadi Ultraman menggunakan Beta Capsule. Pada waktu Dunia tengah populer dengan kisah pahlawan super dari Marvel dan DC Comics, namun kisah pahlawan super berukuran raksasa belum ada yang pernah membuatnya. Disaat itulah muncul ide dari Tsuburaya Eiji untuk menciptakan Ultraman yang membuatnya sukses hingga sekarang.


1. Ultraman Tiga


Ultraman Tiga adalah serial awal kebangkitan Ultraman setelah tidur selama 15 tahun. Kisahnya sama seperti Ultraman lainnya yang selalu diawali oleh hadirnya pasukan khusus penyelamat bumi. Kali ini namanya GUTS. Seorang dari anggotanya bernama Daigo Madoka, yang merupakan keturunan dari ras pembangun piramida emas yang sedang diteliti GUTS, yang mengadakan kontak spiritual Raksasa yang masih hidup dari peradaban 30 juta tahun lalu. Hal ini membuat Daigo bisa berubah menjadi Ultraman Tiga menggunakan Spark Lens. Dengan kekuatan cahaya itu, Daigo berjuang melawan monster-monster raksasa yang jahat demi menyelamatkan Bumi dari Kegelapan. Serial ini tidak hanya menekankan kehebatan sang tokoh utama, tetapi memperlihatkan pentingnya sikap berbagi dan rasa cinta damai dalam hati manusia. Alasan itulan yang menjadikan Ultraman Tiga sebagai serial Tokusatsu terbaik sepanjang masa.

Itu, dia 10 Tokusatsu Terbaik Sepanjang Masa.

Sekian, Terima Kasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

0 komentar:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html